Minggu, 05 Januari 2014

On 1/05/2014 11:43:00 PM by Unknown in , ,    No comments



“hal ini merupakan suatu hal yang penting untuk mengenalkan keselamatan kepada anak sejak dini”

Saat libur natal dan tahun baru ini saya mempunya pengalaman yang berkesan bersama orang tua saya dan adik sepupu saya yang berumur 5 tahun. Saat diperjalanan menuju sebuah tempat wisata di kaki gunung ungaran. Karena adik saya ini mempunyai  cita-sita menjadi seorang Polisi saat diperjalanan Adik sepupu saya sangat bersemangat dia slalu ingin mencari tahu apa saja arti gambar rambu lalu lintas yang ada dijalan pada saat itu.

Saya pun mencoba menjawab pertanyaan yang adik saya tanyakan pada saat diperjalanan. Tiba” saat di tengah” perjalanan adik saya yang sedang mencari” arti dari papan rambu lalu lintas dijalan melihat papan yang belum pernah dia lihat disekitar rumahnya.



“ka’ papan itu yang ada gambar mobil meluncur itu apa ka’ og aku jarang lihat..”. Saya mencoba menjawab pertanyaan adik saya. “ Itu bukan mobil meluncur , itu papan yang berwarnakan kuning adalah papan petunjuk agar mobil kita berhati” karena sebentar lagi didepan ada jalan yang menurun”. 


Mulai saat itu apabila adik saya melihat papan yang berwarna kuning selalu memperingatkan ayah saya agar hati-hati. Adik saya juga sering mengingatkan untuk berhenti saat di lampu lalulintas yang berwarna merah.

Saat itulah saya mendapatkan pengalaman yang sangat menarik , mengajarkan atau mengenalkan rambu-rambu lalu lintas dijalan,sama saja mengenalkan peraturan lalu lintas yang benar kepada anak kecil. Menurut saya hal ini sangat perlu dilakukan saat anak masih usia dini. Banyak manfaat yang akan mereka ketahui saat mereka sudah mulai turun sebagai pengguna jalan atau saat dewasa nanti. Mereka akan memahamai mana pertauran yang wajib ditaati dan dimengerti.

Kadang sangat memprihatikan melihat kondisi perilaku masyarakat saat berkendara dijalan. Sering melanggar marka , bahkan menerobos lampu lalu lintas saat menyala merah. Bahkan memotong jalan agar lebi cepat. Lebih memprihatinkan saat melanggar aturan itu sedang bersama anak kecil. Itu berarti sejak kecil mereka sudah diajarkan melanggar peraturan. Apa yang akan terjadi nanti jika mereka dewasa nanti kalau sejak kecil sudah diperlihatkan pelangaran-pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh orang dewasa bahkan kedua orang tuanya.

Untuk mengajarkan yang benar tentang keselamatan berlalu lintas kepada anak , mulai saat ini jangan melanggar lalu lintas apalagi saat bersama anak kecil yang bersama kita saat berkendara. Mengajarkan peraturan yang benar dan mereka mengerti bisa menaati peraturanyang ada.

Anak-anak adalah generasi penerus kita. Maka dari sinilah kita jadikan mereka yang berperilaku baik dan kita mendidik sebagai generasi yang bertanggung jawab di kehidupannya . seperti memahami dan menaati peraturan yang ada.

Inilah sedikit pengalaman saya saat liburan dan terinspirasi dari berbagai sumber sehingga saya dpat mencurahkan pengalaman saya kedalaman tulisan yang bisa menjadi inspirasi teman-teman semoga bermanfaat J



J Semoga Bermanfaat J

Sumber :

       1.     http://lifestyle.kompasiana.com
       2.      http://2.bp.blogspot.com



0 komentar:

Posting Komentar