Minggu, 05 Januari 2014

On 1/05/2014 11:53:00 PM by Unknown in , ,    No comments
Hal yang penting untuk menjaga anak-anak tetap aman jika berada dijalan raya. Kita bayangkan apabila anak-anak belum mengerti cara menyeberang jalan dan etika dijalan,bisa saja anak-anak berlarian tidak mengetahui kondisi jalan dampaknya bisa mengakibatkan anak tertabrak kendaraan yang melaju kencang.

Mulai saat ini kita sebagai kaka, orang tua, serta guru ,harus memberikan pelajaran mengenai etika dijalan seperti cara menyeberang jalan yang aman kepada anak sejak usia dini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membiasakan anak-anak belajar mengetahui etika dijalan dan cara menyeberang jalan.


Mengajarkan kepada anak dengan cara-cara yang mudah dimengerti dan sederhana. Mungkin diusia yang masih dini ingatan anak-anak akan lebih mudah tersimpan jadi dengan cara mengajarkan membiasakan cara-cara menyeberang jalan yang benar dan aman itu akan lebih mudah.

Mengajarkan atau memberikan arahan kepada anak-anak menyeberang yang benar adalah di Zebra Cross. Apabila ada lampu lalu lintas untuk penyeberang jalan menyeberang saat lampu pejalan kaki berwarna hijau atau pada saat lampu lalu lintas untuk kendaraan berwarna merah. Mengatakan kepada anak-anak seperti tata cara diatas dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk anak. Sampai anak-anak sudah mengerti bagaimana cara yang harus dilakukan saat menyeberang dijalan.

Bahkan selain cara diatas , masih banyak lagi cara memberitahukan atau memberikan arahan kepada anak cara menyeberang jalan yang aman dengan berbagai macam perantara seperti : gambar , syair, lagu , bahkan video. Cara-cara inilah yang akan mempermudah dan Asyik untuk anak mengerti bagaimana cara menyeberang jalan yang benar dan aman.

Contoh cara pengenalan melalui Gambar :




Ada juga melalui Video Animasi seperti Zeta :



Masih banyak lagi cara untuk mengenalkan cara menyebrang yang baik untuk anak . Namun jika beberapa cara diatas sudah diterapkan kemunginan besar anak akan mengerti dan akan mulai menerapkannya di jalan. Sehingga anak bisa menyeberang dengan aman dan selamat . Selamat mencoba J

Semoga artikel kali ini bisa menginspirasi untuk kita semua , dan bisa menjadikan kita sebagai pengguna jalan yang sadar akan keselamatan , terutama untuk melindungi anak-anak yang mulai belajar turun menggunakan jalan.


Semoga Terinspirasi

Sumber Referensi :
       1.     http://www.youtube.com
       2.      http://2.bp.blogspot.com//modul_keselamatan_3.png
     

0 komentar:

Posting Komentar