Rabu, 11 Desember 2013

On 12/11/2013 10:19:00 AM by Unknown in , , , ,    No comments

Kecelakaan Lalu lintas di jalan bisa terjadi disebabkan Berbagai Faktor . Namun dalam  tulisan ini saya akan menjelaskan  mengenai Tiga Penyebab Utama terjadinya kecelakaan adalah Manusia , Lingkungan , dan Kendaraan

3 Faktor Penyebab Utama :

1. Manusia

Faktor manusia merupakan faktor yang paling dominan dalam kecelakaan. Hampir semua kejadian kecelakaan didahului dengan pelanggaran yang dilakukan oleh manusia seperti pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Pelanggaran dapat terjadi karena sengaja melanggar, ketidaktahuan terhadap aturan yang berlaku ataupun tidak melihat ketentuan yang diberlakukan atau pura-pura tidak tahu. Selain itu manusia sebagai pengguna jalan raya sering sekali lalai bahkan ugal-ugalan dalam mengendarai kendaraan, tidak sedikit angka kecelakaan lalu lintas diakibatkan karena membawa kendaraan dalam keadaan  Kondisi fisik yang tidak fit karena kelelahan atau mengantuk, juga bisa sebagai penyebab. Secara psikologis, juga dipengaruhi oleh kondisi jalan yang macet sehingga mudah emosi. Lainnya, stress karena beban pekerjaan yang berat kemudian ulah manusa berkendara dengan kondisi mabuk, mengantuk, dan mudah terpancing oleh ulah pengguna jalan lainnya.




2. Lingkungan

Faktor lingkungan/ cuaca juga berpengaruh terhadap terjadinya kecelakaan. Mengarah ke kondisi jalan yang kurang memadai seperti, berlubang, berpasir dan licin akibat tumpahan oli atau solar. Terjadinya hujan juga memengaruhi unjuk kerja kendaraan seperti jarak pengereman menjadi lebih jauh, jalan menjadi lebih licin, jarak pandang juga terpengaruh karena penghapus kaca tidak bisa bekerja secara sempurna atau lebatnya hujan mengakibatkan jarak pandang menjadi lebih pendek..Cuaca panas terik juga dapat menyebabkan pengemudi dehidrasi .Asap dan kabut juga bisa mengganggu jarak pandang, terutama di daerah pegunungan.

3. Kendaraan

Faktor kendaraan yang paling sering adalah kelalaian perawatan yang dilakukan terhadap kendaraan. Untuk mengurangi faktor kendaraan sebagai penyebab kecelakaan, perawatan dan perbaikan kendaraan sangat diperlukan, disamping itu adanya kewajiban untuk melakukan pengujian kendaraan bermotor secara berkala. Kemudian yang tak kalah penting. Modifikasi yang mengabaikan keselamatan, juga bisa jadi penyebab. Banyak pengguna memodifikasi kendaraannya tanpa mempertimbangakan unsur keselamatan dan kenyamanan. Sering dilakukan penngantian komponen yang tidak sesuai atau terlalu dipaksakan.

Namun selain 3 faktor tersebut, juga ada sekelompok pengguna kendaraan atau Driver yang menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan di jalan yaitu Usia. Sering dijelaskan kecelakaan lalu lintas sering terjadi pada pengguna kendaraan pada usia 21-30 tahun.

Umur 21-30 merupakan kondisi dmana tingkat emosi seseorang mengalami tingkat emosi yang sangat labil. Sehingga dpat terjadi perilaku pengguna kendaraan bermotor yang ugal-ugalan dan sering melanggar aturan berlalu lintas ,perilaku inilah yang dapat mengakibatkan kecelakaan dijalan terjadi , dengan pelaku yang berusia 21-30 tahun.

Itulah beberapa faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan di jalan. Jadi setelah kita mengetahui faktor utama yang menyebabkan kecelakaan dapat di perhatikan secara seksama agar bisa mengurangi tingkat kecelakaan yang ada dijalan.

Sumber info :


-semoga bermanfaat -

0 komentar:

Posting Komentar