Kamis, 17 Oktober 2013
Masalah
Kemacetan
yang sangat sulit untuk dituntaskan di negara Indonesia hingga saat ini . Entah
apa saja usaha yang sudah dilakukan untuk mengurangi kemacetan namun tetap saja
tidak bisa berkurang . tetapi bertambah banyak masalah yang terjadi akibat
keputusan yang diambil oleh para ahli transport . Seperti menambah banyak
kendaraan namun tidak menambah jalan untuk sarana penggunaannya. Jadi tidak
semakin membaik transportasi di Indonesia,tapi semakin memburuk .
Kemacetan adalah
situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang
disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan
banyak terjadi di kota-kota besar,
terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang
baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan
kepadatan penduduk, misalnya Jakarta.
Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan sehari-hari di Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Bandung, Medan, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.
Data Gambar yang ada di Kota-kota besar di Indonesia :
Beberapa
fakta Kemacetan Terparah di Dunia
(Sumber www.google.com )
Berikut penyebab
terjadinya Kemacetan :
- Terlalu banyaknya Kendaraan Pribadi.
- Arus yang melewati jalan telah melampaui kapasitas jalan.
- Terjadi kecelakaan terjadi gangguan kelancaran karena masyarakat yang menonton kejadian kecelakaan atau karena kendaran yang terlibat kecelakaan belum disingkirkan dari jalur lalu lintas,
- Terjadi banjir sehingga kendaraan
memperlambat kendaraan
- Ada perbaikan jalan,
- Bagian jalan tertentu yang longsor,
- Kemacetan lalu lintas yang disebabkan kepanikan seperti kalau terjadi isyarat sirene tsunami.
- Karena adanya pemakai jalan yang tidak tahu aturan lalu lintas, spt : berjalan lambat di lajur kanan dsb.
- Adanya parkir liar dari sebuah kegiatan.
- Pasar tumpah yang secara tidak langsung memakan badan jalan sehingga pada akhirnya membuat sebuah antrian terhadap sejumlah kendaraan yang akan melewati area tersebut.
- Pengaturan lampu lalu lintas yang bersifat kaku yang tidak mengikuti tinggi rendahnya arus lalu lintas
- Kerugian waktu, karena kecepatan perjalanan yang rendah
- Pemborosan energi, karena pada kecepatan rendah konsumsi bahan bakar lebih rendah,
- Keausan kendaraan lebih tinggi, karena waktu yang lebih lama untuk jarak yang pendek, radiator tidak berfungsi dengan baik dan penggunaan rem yang lebih tinggi,
- Meningkatkan polusi udara karena pada kecepatan rendah konsumsi energi lebih tinggi, dan mesin tidak beroperasi pada kondisi yang optimal,
- Meningkatkan stress pengguna jalan,
- Mengganggu kelancaran kendaraan darurat seperti ambulans, pemadam kebakaran dalam menjalankan tugasnya
- Pembatasan Kendaraan pribadi
Sebenarnya
di Indonesia sudah bisa melakukan sistem pembatasan kendaraan bermotor pribadi,
dasar hokum yang bisa digunakan untuk menerapkan sistem ini di Indonesia adalah
Undang-undang No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, dalam
pasal 133 ayat (2) dicantumkan bahwa, Manajemen kebutuhan Lalu Lintas
sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan dengan cara:
- Pembatasan Lalu Lintas Kendaraan perseorangan pada koridor atau kawasan tertentu pada waktu dan Jalan tertentu.
- Pembatasan Lalu Lintas Kendaraan barang pada koridor atau kawasan tertentu pada waktu dan Jalan tertentu.
- Pembatasan Lalu Lintas SepedaMotor pada koridor atau kawasan tertentu pada waktu dan Jalan tertentu.
- Pembatasan Lalu Lintas Kendaraan Bermotor Umum sesuai dengan klasifikasi fungsi Jalan.
- Pembatasan ruang Parkir pada kawasan tertentu dengan batasan ruang Parkir maksimal; dan/atau
- Pembatasan Lalu Lintas Kendaraan Tidak Bermotor Umum pada koridor atau kawasan tertentu pada waktu dan Jalan tertentu.
- Pembatasan ruang parkir dengan batasan tertentu yang tercantum pada ketentuan tata ruang wilayah
- Sewa/tarif parkir bisa dilakukan sistem monopoli, dimana yang mengatur tariff parkir adalah pemerintah daerah dengan kekuatan otonomi daerahnya mengingat harga sewa parkir di Indonesia sangatlah rendah, hal ini berbanding dengan tarif parkir yang diberlakukan di negara-negara lain seperti jepang ataupun beberapa negara di Eropa.
Untuk
meningkatkan daya dukung jaringan jalan dengan adalah mengoptimalkan kepada
angkutan yang efisien dalam penggunaan ruang jalan antara lain:
- Pengembangan jaringan pelayanan angkutan umum
- Pengembangan lajur atau jalur khusus bus ataupun jalan khusus bus yang di Jakarta dikenal sebagai Busway,
- Pengembangan kereta api kota, yang dikenal sebagai metro di Perancis, Subway di Amerika, MRT di Singapura
- Subsidi langsung seperti yang diterapkan pada angkutan kota di Transjakarta, Batam ataupun Jogjakarta maupun tidak langsung melalui keringanan pajak kendaraan bermotor, bea masuk kepada angkutan umum,
Pemberlakukan
sistem pelat genap dan ganjil, pemberlakukan sistem ini dimaksudkan untuk
mengurangi atau membatasi kendaraan yang akan melintasi jalan di hari-hari
tertentu, pelat nomor dengan nomor ganjil hanya boleh melintas di jalan
tertentu pada tanggal ganjil begitu pula sebaliknya, pelat nomor genap hanya
boleh melintas di tempat atau jam-jam tertentu pada tanggal genap. Namun ada
pengecualian Pengecualian yang dapat diberikan pada kendaraan umum, polisi,
ambulan, pemadam kebakaran serta lain-lain yang melayani kepentingan publik.
Kendaraan milik perusahaan diperbolehkan berjalan dengan adanya izin dari
instansi terkait misalnya berupa stiker khusus yang dapat diperoleh setelah
pemenuhan persyaratan oleh perusahaan yang bersangkutan, dan dibatasi misalnya
satu mobil per perusahaan atau sesuai dengan proporsi antara karyawan dan
kebutuhan mobilitas/pengangkutan yang diperlukan. Pemberlakuan sistem
pengaturan nomor plat ganjil dan genap ini pernah dilaksanakan oleh kota
Beijing pada saat penyelenggaraan Olimpiade di bulan Agustus 2008. Hasilnya
adalah jalan raya di kota Beijing bebas dari kemacetan parah dan udara pun
lebih bersih dibanding hari-hari biasa.
Alternatif-alternatif
yang telah disebutkan diatas adalah upaya-upaya yang dapat dilakukan pemerintah
Indonesia untuk mengatasi permasalahan-permasalahan transportasi, khusunya
permasalahan yang ada pada sistem transportasi darat seperti KEMACETAN,
mangingat transportasi darat memiliki siste dan permasalahan yang lebih
kompleks. Namun alternatid-alternatif tersebut hanya akan sia-sia apabila tidak
diimbangi dengan kesadaran semua pihak untuk mencapai sebuah sistem
transportasi Indonesia yang berkelanjutan.
Terima kasih
kepada:
- http://id.wikipedia.org/wiki/Kemacetan
- http://www.nyebur.com/foto-foto-kemacetan-lalu-lintas-terparah-di-dunia/
- http://www.google.com
#SEMOGA BERMANFAAT #
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
About Me
Kalender
Jam
Popular Posts
-
Di jaman yang sudah modern ini semakin banyak transportasi yang canggih di berbagai negara termasuk Indonesia.Ini diakibatkan karena masyar...
-
Kecelakaan Lalu lintas di jalan bisa terjadi disebabkan Berbagai Faktor . Namun dalam tulisan ini saya akan menjelaskan mengenai Tiga ...
-
Hal yang penting untuk menjaga anak-anak tetap aman jika berada dijalan raya. Kita bayangkan apabila anak-anak belum mengerti cara menyeber...
-
Transportasi sekarang ini menjadi kebutuhan pokok bagi manusia, karena 50 % kegiatan manusia dilakukan dengan menggunakan transportasi ...
-
Kesemrawutan jalan raya adalah permasalahan yang umum terjadi di hampir setiap kota-kota besar di dunia terutama pada negara berkembang sep...
-
Nii kadang yang bikin kita bingung karena tiba-tiba klakson tidak bisa bunyi. Kadang- kadang akibat klakson tidak bunyi membuat kita bin...
-
“hal ini merupakan suatu hal yang penting untuk mengenalkan keselamatan kepada anak sejak dini” Saat libur natal dan tahun baru ...
-
“PENGENDARA MOTOR DIBAWAH UMUR” Galeri Foto : Apa yang kita pikirkan tentang pengendara motor dibawah umur ? Apakah a...
-
Dari pantauan mata masyarakat kecelakaan di Indonesia semakin lama semakin memasuki tahap memprihatinkan . Dari da...
-
Masalah Kemacetan yang sangat sulit untuk dituntaskan di negara Indonesia hingga saat ini . Entah apa saja usaha yang sudah dilakukan un...
Categories
- Belajar
- Fasilitas Jalan
- Jembatan
- Kecelakaan
- Kecurangan
- Kemacetan
- Keselamatan
- Kuno
- Lalu Lintas
- Masalah Lalu Lintas
- Masalah Transportasi
- Padatnya Lalu Lintas
- Penanganan Lalu Lintas
- Penyebab Kecelakaan
- Peraturan
- Peraturan SIM
- Problem Transportasi
- Safety Riding
- Sejarah Transportasi
- SIM A
- SIM B
- SIM C
- Surat Ijin Mengemudi
- Tradisional
- Zebra Cross
Open Cbox
Total Pengunjung
Hak Cipta oleh Prita N. Aristiani. Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar